Para CEO Berharap Program Vaksinasi Bisa Memulihkan Keadaan Indonesia Terutama Ekonomi

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Para CEO di Indonesia berharap besar pada vaksin Covid-19. Mereka berharap vaksin yang sudah mulai didistribusikan di Indonesia dapat memulihkan kembali keadaan Indonesia khususnya dalam bidang ekonomi.

Harapan mereka terhadap pemulihan ekonomi Indonesia itu disampaikan dalam diskusi CEO After Lunch Discussion yang diselenggarakan Harian Kompas secara daring Selasa (19/1/2021). Dalam diskusi bertema "Rising in Pandemic Era" itu Direktur Utama Bank Central Asia Jahja Setiaatmadja misalnya mengaku siap apabila diminta bantuan untuk mendistribusikan vaksin oleh pemerintah.

Menurutnya dengan keterlibatan berbagai pihak dalam distribusi vaksin diharapkan dapat mempercepat proses pemulihan ekonomi Indonesia. "Semakin cepat vaksin diserap oleh masyarakat, maka semakin cepat masyarakat dapat bergerak sehingga perputaran ekonomi juga akan semakin cepat” ujar Jahja

Baca juga: Vaksinasi Jokowi Dinilai Gagal karena Tidak Disuntik 90 Derajat, Begini Respons IDI

Selain itu Vice CEO PT Pan Brothers Anne Patricia Sutanto juga mengaku siap berkontribusi dalam mengkampanyekan vaksin yang baik dan aman. Sebab menurutnya perlu peran kepemimpinan para pemimpin perusahaan maupun pemerintahan terhadap kredibilitas penggunaan vaksin di mata para karyawan.


“Bagi kami di swasta, memastikan vaksinasi untuk para karyawan sangat penting agar risiko kesehatan, baik bagi mereka sendiri sebagai individu maupun perusahaan, dapat dikurangi," ujar Anne. Sehingga menurut Anne, peran pemimpin sangat penting agar mereka percaya diri terhadap penggunaan vaksin.



Sementara para pengusaha yang sangat terdampak dalam Pandemi Covid-19 ini juga mengaku siap memenuhi segala macam aturan pemerintah yang dapat memutus mata rantai Covid-19.


Direktur Utama PT Garuda Indonesia Irfan Setiaputra misalnya mendukung test cepat dalam pemenuhan syarat transportasi. “Mari, kita melakukan mobilisasi secara sehat, aman, dan nyaman agar tidak ada yang dirugikan dalam proses mobilisasi tersebut,” ujar Irfan.

Selain itu Co-Founder Traveloka Albert menganggap sudah terdapat banyak inovasi dan solusi yang dapat dibuat oleh pemerintah maupun perusahaan untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19 dan menanggulangi krisis ekonomi. "Seperti peraturan-peraturan khusus yang dapat diterapkan bagi sektor pariwisata juga kini sudah berjalan," kata Albert.


Diketahui Kompas 100 CEO Forum adalah sebuah forum dialog yang diselenggarakan setiap tahun bagi para CEO dari perusahaan yang tergabung dalam indeks Kompas100. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai wadah bertemu dan bertukar pikiran mulai dari CEO, pengamat ekonomi, pelaku usaha, hingga pemerintah sebagai pemegang kebijakan.


Share:

Arsip Blog

Recent Posts